KAWAH RATU DI PASIREUNGIT

Bagi anda yang hobi berpetualang dan suka dengan tantangan, rasanya anda perlu mengunjungi daerah Bogor Utara. Pasal di kawasan ini terdapat tempat wisata alam yang dapat memberikan sensasi lain dari perjalanan-perjalanan wisata yang pernah anda lakukan selama ini. Tempat itu bernama Desa Pasir Reungit berada tepat di kaki Gunung Salak dengan ketinggian sekitar 800-900 mdpl. Untuk mencapai tempat ini tidaklah terlalu sulit, karena dari kota Bogor banyak angkutan kota yang bisa anda gunakan untuk menuju ke tempat wisata yang berhawa cukup dingin ini.
Di Desa Pasir Reungit banyak wahana yang bisa anda nikmati, diantaranya adalah beberapa air terjun, seperti Curug Cigamea, Curug Seribu dan wana wisata Kawah Ratu selain itu Pasir Reungit juga merupakan tempat yang sangat ideal bagi anda untuk melakukan camping, Out bound, bahkan Pendidikan Dasar bagi organisasi-organisasi, karena Pasir Reungit memilki semua fasilitas untuk hal tersebut, seperti sungai, tebing, hutan dan air terjun.
Namun dari sekian banyak wahana yang ada, Kawah Ratu yang terletak di ketinggian 1.338 mdpl memang memiliki keunikan yang menawarkan kesegaran alami ciri khas pegunungan. Suhu yang berkisar antara 10-24 derajat Celcius selalu membuat udara dingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suasana alamnya.
Meskipun Kawah Ratu ini masih aktif, tapi tak mengganggu kehidupan vegetasi tanaman di kawasan itu. Beberapa jenis tumbuhan ternyata masih dapat hidup, di antaranya adalah tanaman Romogiling (Sceferra actinophylla). Ujung daunnya berbentuk agak bulat. Vegetasi ini merupakan tanaman yang dominan menghiasi kawah. Sedangkan beberapa pohon berkayu lainnya tampak mati akibat hangus terbakar oleh aktivitas kawah. Dan sebagai bagian dari kawasan hutan alam Gunung Salak, Kawah Ratu pun tergolong sebagai hutan heterogen. Sehingga kesejukan udara alamnya sangat terasa. (Gugun)