The Battle of Red Cliff


Salah satu film terbaik karya sutradara kelas dunia John Woo sudah tentu adalah The Battle of Red Cliff (2008), selain A Better of Tomorrow (1986). Nah, film The Battle of Red Cliff itu mengangkat kisah tokoh-tokoh sejarah yang populer melalui kisah Tiga Negara (Sam Kok), seperti Zhuge Liang, Cao Cao, Liu Bei dan sebagainya dalam sebuah perang yang menentukan pada akhir Dinasti Han.

Pada musim panas tahun 208 Masehi, sebuah pasukan Dinasti Han yang dipimpin perdana menteri Cao Cao (Zhang Feng-yi) dengan restu Kaisar Xian menyerang dua panglima perang wilayah selatan Sun Quan (Chang Chen) dan Liu Bei (You Yong) dengan alasan memerangi pemberontak. Liu Bei terpaksa melarikan diri dengan meninggalkan keluarganya yang terperangkap di belakangnya.

Seorang pahlawan berani Zhao Yun (Hu Jun) berusaha menyelamatkan keluarga Liu Bei namun hanya putra Liu Bei yang masih bayi bisa diselamatkannya. Penasehat dan ahli strategi ulung Liu Bei yang bernama Zhuge Liang (Takeshi Kaneshiro) mengirim misi diplomatik ke wilayah Wu Timur untuk menjalin aliansi antara Liu Bei dengan panglima Sun Quan untuk menghadapi invasi Cao Cao itu.

Pada mulanya Sun Quan ragu-ragu menghadapi Cao Cao, namun akhirnya setuju berkat kelihaian diplomasi Zhu Liang dalam acara perburuan harimau yang juga diikuti wakil Sun Quan, jenderal hebat Zhou Yu (Tony Leung) dan adik perempuan Sun Quan, Sun Shang-xiang (Zhao Wei) yang juga merupakan pemimpin perang. Kini aliansi Liu Bei dan Sun Quan harus teruji di medan perang jurang Chi Bi (Red Cliff) yang makin didekati pasukan Cao Cao dari darat maupun laut.  

Apa yang akan terjadi di medan perang tersebut? Bagaimana kedua belah pihak harus mengatur strategi dalam menghadapi lawan mereka? Jangan lewatkan tayangan sinema menarik The Battle of Red Cliff di layar kaca Indosiar. Selamat menyaksikan.(indosiar.com/Fachri)